Home TIPS PARENTING 1000 Hari Pertama

Main menu

Resources

1000 Hari Pertama

Anda memastikan anak anda makan bergizi, berjuang mati-matian memasukkan mereka ke sekolah favorit, selalu  mendampingi mereka mengerjakan PR, mengeluarkan banyak biaya untuk berbagai kursus anak anda, semua itu untuk memberikan awal yang terbaik bagi hidup mereka. Namun masa depan anak anda sudah ditentukan jauh sebelumnya. Sebuah badan penelitian mengungkapkan bahwa 1000 hari pertama dalam kehidupan anak, sejak terjadi pembuahan, sembilan bulan dalam kandungan hingga ulang tahunnya yang kedua, sangat penting bagi kesehatan jangka panjang mereka. Prospek kesehatan seorang anak telah terbentuk ketika usianya dua tahun.  Periode 1000 hari ini dapat secara permanen mempengaruhi berbagai aspek seperti  kemungkinan anak menderita diabetes atau mendapat serangan jantung pada usia lanjut hingga berat badan mereka di masa depan dan harapan usia hidup.

Teori ini dikembangkan oleh Profesor David Barker dan rekan-rekannya di Southampton University. Para ilmuwan ini yakin bahwa ada serangkaian tahap penting dalam perkembangan anak. Kondisi tidak sempurna  pada  tiap-tiap tahap dapat memunculkan masalah di kemudian hari.

Sebagian  besar potensi bahaya ini sudah ada ketika bayi masih dalam kandungan.  Gizi ibu yang buruk selama kehamilan mempengaruhi berat badan bayi dan fungsi plasenta. Merokok, stres, obat-obatan dan alkohol juga memiliki pengaruh yang sama.

Profesor Barker yakin bahwa banyak masalah kesehatan dapat ditelusuri hingga pertumbuhan yang buruk selama  dalam kandungan. Ia menunjukkan bahwa makin rendah berat badan lahir, makin tinggi potensi serangan jantung di masa depan.

Bila terjadi kekurangan makanan di dalam kandungan, sebagian besar makanan yang ada dibawa ke otak yang masih sangat muda. Hal ini menyebabkan jantung lemah. Bibit diabetes juga mungkin sudah ada sebelum kelahiran karena sel-sel pankreas yang memenghasilkan insulin, berkembang dalam kendungan. Penelitian menunjukkan bahwa kondisi dalam kandungan juga mempengaruhi berat badan anak pada tahun-tahun mendatang.

Profesor Barker mengatakan bahwa efek dini ini bersifat permanen dan tidak dapat dibatalkan. Ia menambahkan bahwa seorang wanita perlu  makan dengan baik sepanjang hidupnya. Wanita harus membangun tubuh dimana bayi dapat tumbuh di dalamnya. Bayi hidup dari tubuh ibunya, bukan hanya dar apa yang dimakannya ketika hamil.

“Kita melihat jendela kesempatan di mana kita dapat menciptakan orang-orang yang lebih baik.”