Gaya Pengasuhan

Parents • 21 November 2021

Merencanakan Kehamilan

Gaya pengasuhan yang diterapkan ayah/bunda saat mendampingi si kecil tumbuh dan bekembang bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan mereka.

Gaya pengasuhan yang diterapkan ayah/bunda saat mendampingi si kecil tumbuh dan bekembang bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan mereka.

Berikut gaya pengasuhan yang ayah/bunda sebaiknya tahu.

1. Otoriter.

Orang tua otoriter adalah orang tua yang memiliki expektasi tinggi terhadap si kecil, namun dukungan untuk si kecil rendah. Orang tua seperti ini selalu berusaha mengontrol dan memaksakkan kehendaknya pada si kecil.

Mereka memiliki disiplin yang kaku dan biasanya dilakukan tanpa ekspresi kehangatan dan kasih sayang.

Anak dari keluarga otoriter biasanya tidak belajar untuk berpikir mandiri dan tidak berusaha memahami mengapa orang tua menuntut perilaku tertentu.

2.Permisif

Orang tua yang permisif adalah orang tua yang memiliki dukungan tinggi terhadap si kecil, tapi ekspektasi terhadap si kecil rendah. Ayah/bunda tipe ini biasanya tidak punya aturan khusus yang harus dipatuhi si kecil. Mereka tidak suka diikat dengan rutinitas. Ayah/bunda dengan gaya pengasuhan permisif tidak menciptakan batasan, disiplin, atau tuntutan bagi prilaku anak. Anak yang dibesarkan dengan pola permisif cenderung kurang bertanggung jawab, agresif, egois dan suka menuntut.

3.Cuek

Gaya pengasuhan cuek adalah gaya pengasuhan mempunyai ekspektasi yang rendah terhadap anak. Orang tua dengan tipe ini cenderung mengabaikan segera berakhir. Mereka tidak berusaha menyelesaikan masalah pada anak dan percaya bahwa masalah yang datang akan pergi dengan sendirinya. Orang tua yang cuek lebih mengkuatirkan cara mengakhiri emosi daripada memahami emosi tersebut. Efek pengasuhan cuek akan menghasilkan anak dengan perasaan selalu salah.

Anak hasil gaya pengasuhan cuek biasanya kesulitan mengatur emosinya.

4. Demokratis

Orang tua dengan gaya pengasuhan demokratis memberi dukungan tinggi dan ekspektasi yang tinggi pada si kecil,orang tua demokratis mampu mampu memadukan dukungan dan ekspektasi pada si kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa hasil yang paling positif bagi anak akan muncul ketika ayah/bunda menerapkan gaya pengasuhan demokratis.(EWP230621)

185

4

3

Artikel Lainnya