Hal yang Perlu Dilakukan Parents Agar Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal

Parents • 06 Januari 2023

Merencanakan Kehamilan

1. Lakukan stimulasi dini yang tepat sesuai tahapan perkembangan usianya,  dengan cara merangsang otak balita, mengasah kemampuan motorik, berbicara, berbahasa, bersosialisasi dan kemandiriannya.

2. Lakukan deteksi dini, yaitu melakukan pemeriksaan/screening atau mendeteksi sejak dini  kemungkinan adanya penyimpangan tumbuh kembang. Hal ini dilakukan oleh tenaga ahli. Melalui deteksi dini dapat diketahui penyimpangan tumbuh kembang anak secara dini, sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan, stimulasi, penyembuhan serta pemulihan dengan indikasi yang jelas pada masa-masa kritis proses tumbuh kembang anak.

3. Lakukan intervensi dini, yaitu melakukan koreksi sejak dini dengan memanfaatkan plastisitas otak anak untuk memperbaiki penyimpangan tumbuh kembang serta  mencegah supaya penyimpangan tidak semakin berat. Orangtua dapat terus melatih anak sesuai dengan saran ahli.

4. Lakukan rujukan dini,  yaitu melakukan rujukan atau membawa anak ke fasilitas kesehatan bila masalah penyimpangan tumbuh kembang tidak dapat diatasi di dalam keluarga meskipun sudah dilakukan intervensi dini.

Mari Parents optimalkan tumbuh kembang otak si kecil dan segera mencari solusi bila terditeksi ada penyimpangan di masa tumbuh kembangnya.

0

0

0

Artikel Lainnya