Mengarahkan Anak Remaja Memilih Teman Bergaul.

Parents • 19 April 2023

Merencanakan Kehamilan

Tak dipungkiri pengaruh pergaulan bisa mempengaruhi prilaku seseorang. Anak-anak yang salah bergaul bisa berakibat salah langkah dalam hidupnya. Sebagai orangtua, Parents sebaiknya mengarahkan supaya anak remajanya 'tidak salah' memilih teman. Bukan untuk pilih-pilih dalam berteman, namun untuk bijak memilah mana teman yang bisa memberi pengaruh positif dan mana yang bisa menularkan pengaruh negatif.


Beberapa tips berikut dapat membantu Parents mengarahkan anak remaja memilih teman yang baik :


1.Tanamkan nilai-nilai positif di dalam keluarga, sehingga anak remaja kita tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan pergaulannya.


2.Berikan masukkan tentang kriteria teman yang baik itu seperti apa, tanpa menggurui.


3.Tegaskan memilah teman bergaul bukan berarti pilih-pilih teman.


4.Parents hendaknya menghindari mengkritik teman-teman mereka yang Parents anggap  yang kurang baik, lebih baik diskusikan secara terbuka tentang teman-teman mereka itu dan tanyakan alasan kenapa anak kita nyaman bergaul dengan teman-temannya itu.


5.Tetapkan aturan yang berlaku dalam keluarga seperti minta ijin sebelum pergi dengan teman, pulang sebelum waktu yang ditetapkan, memberi tahu bila harus pulang terlambat.

Libatkan anak ketika membuat aturan dan konsekuensi bila aturan dilanggar.


6.Kenali perubahan perilaku anak. Anak sedang berusaha mengidentifikasi diri pada masa remaja. Perubahan perilaku terjadi seiring proses perkembangan mencari jati diri. Bahkan “pemberontakan kecil” remaja merupakan bagian dari proses perkembangan itu. 


7.Kenalilah perubahan yang wajar dan sehat seperti perubahan selera dalam berpakaian, musik dan berbagai hal lain, termasuk pilihan teman-temannya.


8.Waspadai perubahan perilaku yang tidak wajar seperti sering pulang larut malam, pengeluaran besar yang tidak dapat dijelaskan, melanggar aturan rumah, tanda-tanda anak menkonsumsi rokok, minuman keras atau narkoba.


Yuk Parents ajak anak remaja kita cerdas memilih teman yang bisa memberi pengaruh positif dan hindari teman yang menularkan pengaruh negatif.

0

0

0

Artikel Lainnya