Stimulasi Untuk Si Kecil

Parents • 31 Maret 2023

Merencanakan Kehamilan

Si Kecil perlu stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal. 


Berikut adalah yang bisa Parents lakukan untuk Stimulasi si kecil.


1. Beri benda yang bisa dipegang. 

Si kecil akan menggapai, memegang tangan dan kakinya; mengangkat kepala dan menoleh ke arah sumber suara. Dengan cepat mereka bisa memegang benda-benda yang cukup aman untuk mereka serta memperhatikan tekstur, bau, suara, dan rasanya.


2. Meletakkan benda di depan si kecil.

Si kecil yang berumur tiga bulan dapat menikmati permainan. Begitu si kecik bisa mengangkat kepala dari kasur, si kecil akan bisa mengangkat bahu lalu menopang berat badan pada tangan. Menjelang umur sembilan atau sepuluh minggu, ketika diletakkan miring, si kecil bisa berguling lalu telentang. Menjelang umur tiga bulan, si kecil mulai belajar berguling dari posisi telentang ke posisi miring. Ketika si kecil diletakkan dengan posisi tengkurap, letakkan benda di depannya agar dia belajar meraihnya.


3. Menyanyikan lagu untuk si kecil.

Parents dapat memasang benda warna-warni yang bisa bergerak di atas tempat tidur si kecil, yang mana benda itu bisa ditendang dan membuat si kecil bergerak karena memberikan stimulasi visual.Saat menggendong si kecil, Parents bisa mengajaknya bermain atau menyanyikan lagu yang ritmis.Ini bisa dilakukan kapan saja, misalnya saat mengganti popok, menyuapi, memandikannya.


Mari Parents, stimulasi si kecil sesuai tahapan perkembangan usianya agar tumbuh kembah si kecil optimal.

0

0

0

Artikel Lainnya