2 Macam Tipe Motivasi

Parents • 27 Februari 2023

Merencanakan Kehamilan

Tipe motivasi itu ada 2, yaitu : 

✔Tipe Ekstrinsik

✔Tipe Intrinsik. 


"Motivasi Ekstrinsik" adalah motivasi yang berasal dari luar diri si kecil misalnya : Hadiah.

Motivasi Ekstrinsik bersifat sementara. Bila hal-hal yang membuat si kecil termotivasi tidak ada, maka si kecilpun tidak mempunyai semangat untuk melakukan sesuatu. 


"Motivasi Intrinsik"  yaitu motivasi yang bisa diupayakan oleh diri sendiri, tanpa campur tangan dari luar. Misal : ingin mencapai hasil yang terbaik, maka harus mengerjakan tugas dengan baik.


Motivasi intrinsik inilah yang perlu dibangun, karena keberhasilan yang berkelanjutan akan dapat dicapai, bila seseorang memiliki Motivasi Intrinsik.


Parents, stimulasi ketrampilan Motivasi Intrinsik si kecil dengan memberikan dia tugas sesuai tahapan usianya, biarkan si kecil menyelesaikan tugas itu tanpa bantuan dan bila 1 kali mencoba belum berhasil minta si kecil mengulang lagi sampai si kecil berhasil menyelesaikan tugasnya. 


Setelah si kecil melihat hasil pekerjaannya, dia akan tahu bagaimana perjuangan untuk mencapai hasil tersebut yang membutuhkan ketekunan, ketelatenan dan semangat pantang menyerah, kelak si kecil akan memiliki ketrampilan untuk menumbuhkan Motivasi  Intrinsik dalam dirinya.

0

0

0

Artikel Lainnya