Parents Kudet

Parents • 06 Mei 2022

Merencanakan Kehamilan

Terkadang sebagai parents kita mengasuh anak dengan pola asuh yang salah, yang disebabkan karena kurang pengetahuan (kurang update) atau karena kurangnya kesadaran.

 

Tidak sadar kalau salah, bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain

1.Selama ini kita diasuh orang tuanya dengan pola asuh yang kurang tepat, namun karena ketidak tahuan, kita anggap pola asuh yang diterapkan oleh orang kita saat kita masih kecil itu, kita anggap tepat dan kita terapkam saat kita mengasuh anak-anak kita.

misal : Anak harus dibedong, melalui berbagai penelitian, anak dibedong tidaklah dianjurkan, tetapi banyak orang tua yang melakukan, karena meniru orang tuanya, disuruh mertuanya atau lingkungan di sekitarnya ibu-ibunya kebanyakan membedong bayi-bayi mereka.

            : Memberi madu pada bayi, dulu diyakini lidah bayi yang tampak putih, itu harus dioles madu, ini pengetahuan yang kurang tepat, tetapi banyak orang tua tetap melakukannya, disebabkan hal yang sama dengan sebab membedong bayi.

2.Merasa pola asuhnya sudah tepat, karena malas membaca atau belajar, padahal dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu perngetahuan tentang parenting terus berkembang.

3. Menganggap bahwa pertumbuhan psikologis anak akan terjadi dengan sendirinya sesuai dengan pertambahan usia.

 

Tidak tahu kalau Pola asuh yang diterapkan salah, hal ini karena :

1.Lingkungan menerapkan pola asuh yang salah sehingga karena biasa dilakukan hal itu dianggap tidak masalah

2. Salah informasi, mungkin informasi yang didapat dari sumber yang kurang tepat.

3. Salah tempat saat curhat, sehingga mendapat masukan atau saran yang kurang tepat

 

Akibat orang tua Kudet bagi tumbuh kembang anak.

1. Tumbuh kembang fisik dan mental anak bisa terhambat.

2. Stimulasi yang tidak optimal dan tidak sesuai dengan tahapan perkembangan usia anak, sehingga anak tidak bisa mengasah ketrampilan dirinya secara maksimal.

 

Untuk itulah sebagai orang tua kita harus selalu sadar akan praktek parenting yang kita lakukan dan senantiasa belajar supaya tidak kudet alias kurang update, sehingga bisa mengasuh anak-anak kita dengan pola asuh yang tepat demi tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang sehat dan tangguh. ( SP 052022 )

130

0

1

Artikel Lainnya