Berlatih Menenangkan Anak Tantrum

Parents • 24 Februari 2022

Merencanakan Kehamilan

Banyak Parents yang panik saat menghadapi Si Kecil tantrum di tempat umum.

Tahukah Parent hal terpenting yang harus dilakukan saat menghadapi Si Kecil Tantrum ?

Menyadari perasaan Parents dengan lebih seksama adalah kunci untuk bisa membantu mengatasi Tantrum pada Si Kecil dengan lebih baik

Ikuti langkah-langkah berikut agar Parents bisa sabar menenangkan Si Kecil yang Tantrum,


  1. Parents wajib belajar mengenali perasaan diri sendiri, misal : Parents sedang sedih, respon dari pihak lain seperti apa yang membuat Parents makin sedih dan respon dari pihak lain seperti apa yang membuat Parents bisa merasa lebih baik.

    Contoh : Bunda baru saja kalap belanja online sampai jatah belanja 1 bulan tiris tak bersisa, Bunda menyesal, Bunda curhat pada sahabat. Sabahat Bunda yang A menghibur Bunda, menyesalkan tindakan Bunda, tetapi tidak menghakimi dan malah memberi solusi, perasaan Bunda merasa nyaman.

    Sedangkan sahabat Bunda yang B, menyalahkan Bunda, mengatakan Bunda telah melakukan kesalahan fatal, bunda istri yang tak punya kontrol diri yang baik, begitu mudah menghamburkan uang belanja tanpa berpikir panjang, mendapat perlakuan seperti ini, Bunda jadi merasa tidak nyaman, dilanda penyesalan berkepanjangan dan perasaan bersalah seolah tiada akhir, dan hal seperti ini justru membuat Bunda panik dan tidak bisa berpikir jernih.

  2. Ingat-ingat apa yang Parents lakukan ketika Si Kecil tantrum.
    ✓ Melotot pada Si Kecil sambil berkata :"Duh...diam nggak, diam nggak, Bunda cubit nih?!!!" ( hal ini Bunda lakukan, karena Bunda panik dilihatin banyak orang, bingung karena nggak tahu bagaimana cara menenangkan Si Kecil yang 'berulah' di tempat umum).

    ✓ Tegang, urat-urat kepala jadi kencang, bingung nggak tahu mau ngapain jadi malah ikutan nangis bareng Si Kecil.

    ✓ Menarik napas dalam-dalam, kemudian dengan nada kalem menenangkan Si Kecil

  3. Sadari reaksi Parents ketika Si Kecil 'berulah' tersebut dan ingat-ingat juga hal apa yang bisa membuat perasaan dan hati Parents lebih nyaman saat menghadapi Si Kecil Tantrum.

Setelah mampu menyadari reaksi apa yang bisa membuat Parents makin panik, reaksi apa yang bisa membuat Parent lebih tenang, maka Parent bisa berlatih untuk memilih 'bereaksi' (merespon) yang membuat hati Parent dan Si Kecil lebih nyaman...


( dr A 04022022 )

111

0

3

Artikel Lainnya