Bermain Cilukba

Parents • 01 April 2024

Merencanakan Kehamilan

Cilkuba adalah permainan sederhana yang hampir semua orang kenal dan pernah memainkannya.

Tahukan Parents permainan sederhana bernama Cilukba ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil?

Apa saja manfaat Cilukba bagi tumbuh kembang si kecil?

1. Cillukba membantu si kecil memahami kosep apa yang tidak terlihat oleh mata kita belum tentu tidak ada atau hilang. Ini adalah fase penting dalam tumbuh kembang si kecil, fase ini mulai mengalami tumbuh kembang pada usia si kecil 8 bulan.

2. Cilukba memberi kejutan yang menyenangkan buat si kecil, hal ini terjadi terjadi ketika mendadak Parents menghilang dari pandangannya kemudian tiba-tiba tampak kembali di depannya.

3. Ketika Parents membuat gerakan tangan untuk menutup wajah Parents, si kecil akan mengikuti gerakan tersebut dengan matanya, hal ini menstimulasi kemampuan pelacakan visual mereka yang sangat bermanfaat bagi si kecil ketika kelak membaca sebuah tulisan atau ketika si kecil berusaha menangkap bola.

4. Cilukba adalah cara yang menyenangkan dan menarik buat si kecil untuk berinteraksi dengan Parents. Permainan Cilukba menumbuhkan perasaan terhubung dengan lingkungan sekitar dan ini menjadi landasan untuk membangun interksi sosial di masa depan. 

5. Permainan Cilukba yang menciptakan interaksi timbal balik mengajari si kecil tentang konsep bergiliran dan mengantisipasi situasi, hal yang sangat dibutuhkan si kecil ketika kelak berinterkasi dengan orang lain.

6. Ekspresi terkejut dan rasa gembira yang tampak di wajah si kecil ketika Parents kembali menunjukkan wajahnya pada si kecil adalah suatu moment membahagiakan bagi Parents dan si kecil. Hal ini membantu si kecil merasakan emosi positif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental si kecil.

7. Seiring bertambahnya usia si kecil yaitu pada usia sekitar 9-12 bulan, si kecil mungkin akan mulai meniru Parents dengan menutupi wajah mereka sendiri. Eksplorasi ini sangat menyenangkan dan dapat membantu tumbuh kembang keterampilan motorik kasar si kecil.

Cilukba bukan hanya sekedar permainan tanpa makna, Cilukba adalah sebuah permainan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang kognitif, sosial dan emosional bagi si kecil. 

Sering-seringlah bermain Cilukba dengan si kecil dan saksikan tumbuh kembang si kecil yang sangat menakjubkan.

0

0

0

Artikel Lainnya