Bosan Menjadi orang Tua, Pernahkah?

Parents • 29 Juni 2022

Merencanakan Kehamilan

Halo Parents! Pernahkan Parents dihinggapi perasaan bosan sebagai orang tua?

Apa sebetulnya pemicu rasa bosan ini?

Berbahayakah?

Bagaimana mengatasinya?

Perasaan bosan sebagai orang tua ternyata tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dalam dunia parenting perasaan bosan sebagai orang tua ini disebut Parental Burnout.

Mengutip dari American Psychological Association (APA), Parental Burnout adalah kondisi kelelahan yang dirasakan orangtua saat mengasuh si kecil.

Kondisi ini bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan depresi pada Parents, sehingga bisa memengaruhi kondisi psikologis Parents dan si kecil sekaligus.

Beberapa tahap Parental Burnout:

- Merasa lelah menjalani peran sebagai orang tua.

- Timbul perasaan bahwa menjadi orang tua itu adalah hal yang memuakkan.

- Tidak mau terlibat secara emosional dengan anak.

Penyebab terjadinya Parental Burnout:

- Tututan multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam waktu yang hampir bersamaan

- Kelelahan saat mengasuh si kecil karena walaupun menyenangkan, tetap ada masa-masa Parents dihinggapi rasa lelah ketika mengasuh si kecil.

Cara mengatasi Parental Burnout:

  • Ketika merasa sangat lelah saat mengasuh si kecil, jangan ragu menceritakan kondisi Anda pada pasangan atau orang yang membantu Anda mengasuh si kecil. Perasaan lelah itu wajar, jangan merasa bersalah ketika merasa lelah.
  • Minta bantuan pada pasangan, pengasuh, atau siapa pun yang membantu mengasuh si kecil untuk mengasuhnya. Sementara itu, Parents dapat mengambil waktu sejenak untuk beristirahatRenungkan apakah standar pola pengasuhan yang Parents tetapkan terlalu tinggi dan Parents terlalu mengharapkan hasil yang sempurna?
  • Parents tetap makan, makanan bergizi, tidur atau istirahat cukup. Luangkan waktu berolahraga dan melakukan mindfulness.

Memiliki si kecil adalah sesuatu yang membahagiakan bagi Parents. Namun, terkadang peran sebagai orang tua juga bisa menimbulkan rasa lelah. Jangan langsung merasa bersalah, karena ini adalah perasaan yang wajar.

Ambil waktu me time sejenak untuk menghindari Parental Burnout, sehingga Parents bisa mengasuh si kecil dengan hati gembira dan penuh suka cita, supaya si kecil bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang sehat dan bahagia.

( Ewepe 28062022 )

35

0

1

Artikel Lainnya