Dampak Pandemi Pada Kemampuan Bicara Si Kecil

Parents • 18 Mei 2022

Merencanakan Kehamilan

Sejak Covid 19 melanda dunia, banyak perubahan terjadi dalam tatanan pola kehidupan manusia.

Bila dahulu bekerja, belajar dilakukan di luar rumah, setelah pendemi kegiatan-kegiatan itu banyak dilakukan di dalam rumah.

Banyak ibu hamil yang tidak secara berkala memeriksakan kandungannya, karena pertimbangan memutus mata rantai penularan covid 19.

Orang tua bekerja dari rumah berbarengan dengan anak-anak belajar dari rumah, tugas sekolah anak-anak berjibun yang dalam menyelesaikan tugasnya seringkali melibatkan orang tua, juga banyak dikeluhkan orang tua di masa pandemi.

Bagi sebagian anak balita pandemi juga menimbulkan efek keterlambatan bicara, hal ini disebabkan :

1.         Orang tua di rumah tidak mengajak anak-anak banyak bicara, karena sibuk dengan kegiatannya ( menyelesaikan tugas pekerjaannya di rumah )

2.         Anak-anak jarang bertemu dengan teman-temannya, sehingga membuat mereka tidak berlatih besosialisasi ( berdialog dengan teman-temannya )

3.      Jarangnya berkegiatan di luar rumah juga membuat stimulasi kognitif pada anak balita tidak optimal

Orang tua harus waspada mengenai hal ini dan sebaiknya :

1.         Mengajak anak balita lebih sering berkomunikasi

2.         Membacakan cerita/mendongeng kemudian mengajak anak balita untuk membahas tokoh-tokoh dalam cerita tersebut, melibatkan anak dalam kegiatan rumah tangga, sambil mengajaknya bercakap-cakap. ( misal : bantu bunda menyapu/mencuci/memasak, lantainya biar tidak berdebu dan enak untuk bermain, kita sapu ya;...ini bajunya dimasukkan ke mesin, lalu....;ini kentangnya dikupas, kemudian...)

3.         Mengajak anak balita lebih banyak melakukan kegiatan fisik, misal berolahraga, main petak umpet, main hola hup atau kegiatan lain yang bermanfaat untuk stimulasi kognitifnya, pilih kegiatan yang bisa dilakukan baik di dalam atau di luar rumah.

Pendemi memang tidak bisa dihindari, namun mari tetap berupaya meminimalisir efek negatif pada tumbuh kembang Si Kecil dengan tetap melakukan stimulasi ketrampilan Si Kecil sesuai tahapan perekembangan usianya.( Ewepe 13052022 )

73

0

0

Artikel Lainnya